Laman

Kamis, 06 September 2012

Perangkat Canggih Yang Dipakai Presiden-Sering Tampil Dengan iPad, Notebook Tetap Dibawa


Beberapa waktu terakhir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kerap muncul dengan gadget canggih saat memimpin rapat kabinet maupun saat memberikan keterangan pers.
Saat menggelar jumpa pers untuk menjelaskan soal kisruh status monarki Yogyakarta, sebuah iPad tampak berdiri tegak di atas podium. Beberapa kali, SBY “mengintip” ke perangkat berwarna putih.
SBY tampak sudah terbiasa menggunakan iPad itu. Ia tak tampak kebingungan mengoperasikan perangkat buatan Apple itu sambil berpidato.
Kendati itu dilengkapi perangkat canggih berwaran putih itu, SBY masih memegang catatan yang berisi materi penyampaian dalam jumpa pers tersebut.
Gara-gara iPad yang terlihat jelas saat SBY menyampaikan keterangan per situ, muncul beragam komentar di situs jejaring sosial, Twitter. Ada yang merasa kagum. Tapi tak sedikit yang memberikan komentar yang menyindir. Misalnya, terlihat logo dianggap sebagai promosi bagi perusahaan pembuat perangkat itu.
       Pihak Istana mengaku tidak ada kesengajaan oleh Presiden SBY saat memamerkan iPad waktu jumpa pers. “Memang yang dimiliki SBY ya iPad itu. Kalau misalnya yang dia punya Samsung, Advan atau apapun mereknya, Presiden juga akan pakai kok,” ujar Staf  Khusus Presiden Bidang Publikasi Zaenal Arifin Budiyono.
Demam iPad memang sejak melanda, termasuk di Indonesia. Beberapa kali, SBY terlihat memimpin rapat kabinet dilengkapi iPad. Sejak kapan SBY memegang iPad? 
Kepala Biro Pers dan Media Istana Rumah Tangga Kepresidenan, DJ Nahrowi lupa mengaku Presiden SBY membeli komputer tablet produksi Amerika Serikat ini.
"Dengan iPad, Pak SBY dengan mudah dapat membaca tulisan-tulisannya. Tapi, meski sudah menjadi teman dalam keseharian menjalankan tugasnya, Pak Presiden tetap membawa bukunotebook. Untuk jaga-jaga, kalau-kalau ada kekeliruan, atau salah pencet," ujarnya.
Menurut Nahrowi,  perangkat itu telah memudahkan presiden untuk membuka seluruh catatan-catatan penting. Baik sebagai pengingat, untuk kemudian dipresentasikan catatan yang dimiliki saat presiden membuka sidang kabinet atau saat berpidato. iPad SBY berkapasitas 64 giga bite. "Saya juga punya, sama seperti yang dimiliki oleh Pak SBY," ujarnya.
iPad adalah komputer tabled yang dirilis oleh Apple pada tanggal 27 Januari 2010 di San Fransisco. iPad adalah perangkat komputer jinjing diantara laptop dan smartphone yang kerap disebut juga komputer tablet dengan layar yang lebar.
Sebelumnya, SBY juga dilengkapi perangkat teleprompter saat menyampaikan pidato. Dengan perangkat ini, SBY terlihat berbicara dengan lancer dan jelas karena perangkat ini menampilkan teks pidato secara berjalan.
“Tulisan berjalan” itu dipasang di depan SBY. Teleprompter ini tak terlihat oleh kamera yang menggambil gambar SBY berpidato.
Perangkat ini juga pernah digunakan oleh Boediono saat deklarasi sebagai calon wakil presiden di Bandung pada 2009 lalu. Saat itu, pidato Boediono sangat memukau. Kata-katanya pas dan berkesan.
Dalam berkomunikasi, SBY pun menggunakan perangkat yang canggih. Cukup banyak yang bertanya-tanya handphone apa yang digunakan oleh SBY.
Dalam beberapa kali kesempatan, SBY diketahui berkomunikasi dengan Nokia jenis Communicator. Beberapa kali SBY terekam kamera menelepon dengan posisi layar terbuka sehingga orang berbicaranya dengan bisa terdengar jelas.
       Sebagai presiden, SBY memang tak memegang handphone. Alat komunikasi itu dipegang oleh ajudan presiden.


Obama Masih Setia
Dengan BlackBerry
             
Tidak seperti Presiden SBY, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, justru tidak memakai iPad, meskipun negaranya adalah produksi komputer tablet kreasi Apple Inc itu.
Seorang wartawan berhasil mencuri dengar percakapan singkat antara Obama dengan Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva, mengenai alasan mengapa dia tak perlu iPad. Saat itu kedua pemimpin tengah menghadiri suatu forum pertemuan di Yokohama, Jepang, 13 November 2010.
"Jadi kamu suka dengan iPad-mu?" tanya Obama kepada Abhisit, seperti yang dituturkan seorang wartawan kepada stasiun televisi CNN. Abhisit pun mengangguk sebelum bertanya balik kepada Obama, apakah dia juga punya iPad.
"Hari-hari ini saya punya orang kok yang membawakan buku-buku saya. Itulah iPad saya," jawab Obama. Dia merujuk kepada asisten setianya, Reggie Love, sebagai iPad pribadi.
Dalam suatu wawancara dengan jurnalis harian New York Times Oktober lalu, Obama mengutarakan hal serupa. "Saya punya iReggie, yang membawakan saya buku, koran, dan musik," kata Obama.
Sebagai presiden negara adidaya, ayah dari Sasha dan Malia itu memang punya banyak asisten dan bawahan. Jadi tidak perlu alat secanggih iPad sebagai asisten pribadi.
Untuk urusan gadget, Obama tampak masih setia dengan BlackBerry. Namun telepon pintar itu jarang sekali dia gunakan sejak sibuk menjadi presiden.
Tapi, bukan berarti Obama anti iPad. Menurut wartawan yang menguping percakapan di Yokohama, Jonathan Weisman, Obama berkata kepada Abhisit bahwa dia telah membelikan iPad untuk istrinya, Michelle.

Tapi maaf ini postingan tahun 2011n.hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Populer