Laman

Kamis, 20 September 2012

Mengenal Drift


Apakah Drift itu?
Secara sederhana, menyetir kendaraan dengan gaya menyamping.
Jadi mobil tidak berjalan lurus dimana jejak roda belakang mengikut jejak roda depan sebagaimana biasanya.
Drift sangat mudah dinikmati saat mobil menikung dengan posisi depan lebih menghadap ke tikungan itu sendiri. Cara ini bukanlah cara yang tercepat untuk menikung, namun cara yang paling menegangkan, menurut drift king Keiichi Tsuchiya.
Drift dikembangkan di Jepang, berawal dari balap jalanan atau street race di jalan-jalan pegunungan yang berliku (touge). Saat ini kompetisi drift resmi lebih menekankan pada sisi teknikal dan seni presentasi dibanding siapa yang terdahulu melewati garis finish. Jadi antara drift dan race telah tercipta garis pembatas yang membedakan keduanya.
RC Drift
Lalu bagaimana dengan RC drift?
Walaupun dalam banyak hal RC drift mencontoh banyak hal dari drift sebenarnya, terdapat sedikit perbedaan dalam eksekusi drift itu sendiri. RC drift tidak dapat dilakukan dengan konfigurasi FR seperti pada mobil drift sebenar. RC drift hanya dapat dilakukan dengan mobil RC dengan konfigurasi 4WD dan drift yang dilakukan adalah mirip dengan power slide. Walaupun demikian dalam perkembangannya, -dengan melakukan overdrive- countersteer drift yang cukup realistis dapat dilakukan.
Saat ini hobi RC drift tidaklah begitu ramai diminati dibandingkan dengan balap (touring ataupun offroad) di Indonesia. Hanya kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya yang memiliki komunitas pehobi, itupun dalam jumlah yang tidak begitu besar.
Read More..

Tips Memilih Charger


rc drift battery chargertentunya harus sesuai dengan kantong anda.
Tetapi ada batas tertentu yang sebaiknya anda penuhi. Walaupun dana terbatas, kadang lebih baik untuk bersabar dan menabung untuk mendapatkan charger yang berkualitas memadai ketimbang ‘asal ada’. Kami tidak berorientasi merk atau produk tertentu, jadi apapun charger yang anda minati tidak menjadi masalah.
Berikut faktor-faktor yang dapat anda pertimbangkan sebelum memutuskan charger apa yang cocok untuk hobi anda khususnya drift.
  1. Batere – Tentukan jenis batere apa yang hendak anda pakai, kami sarankan hanya 2 jenis pada saat ini, NiMH atau LiPo
  2. Fungsi – Sebagai charger, tentunya fungsi utamanya adalah memberikan fungsi charging, namun coba teliti lebih lanjut. Periksalah LCD apakah tersedia backlight, tombol mantap saat ditekan, konektor berkualitas baik dsb.
  3. Spesifikasi: minimal kemampuan charging maksimum 5A, ideal 10A. Dilengkapi dengan pengaturan delta peak dengan resolusi 1mV khususnya untuk NiMH.
  4. Fitur – Temperatur Cut Off atau penghentian charging bila setting temperatur tercapai. Balance charging, untuk LiPo, pastikan kemampuan 1C tersedia sesuai dengan kapasitas batere LiPo yang dimiliki.
  5. Dana – Harga tentu saja adalah faktor penting, namun janganlah dijadikan alasan untuk memperoleh charger dengan kualitas pas-pasan.
Charger adalah suatu investment penting bagi pehobi RC drift, karena lewat charger yang mumpuni, batere menjadi lebih terawat dan langgeng performanya. Tentu saja charger yang layak harus disertai dengan batere yang layak juga.
Read More..

Tips Meningkatkan Performa RC Drift Anda


Bagaimana anda tidak minder jika mobil anda disalip mobil lain sewaktu sesi RC drift berlangsung. Bisa jadi senyum tidak akan bertahan lama jika hal itu terus berlangsung dan anda tidak berbuat sesuatu untuk mengatasinya. Drifting, bukanlah racing, walau dalam prakteknya banyak ditemukan di sesi-sesi RC drift Indonesia.
Kembali ke topik bagaimana meningkatkan performa, tentunya tuning atau setup diperlukan, baik itu untuk chasis dari Tamiya, HPI, atau yang lainnya. Berikut beberapa tips utama untuk mendongkrak kemampuan chassis dan drift itu sendiri.
1. Lighten up
buanglah ekses beban pada chassis agar menjadi seringan mungkin, lewat:
- upgrade ke CF chassis
- penggunaan komponen yang lebih ringan
- tidak memakai komponen yang tidak perlu

2. Power up

upgrade mesin anda ke yang lebih bertenaga seperti:
- motor dengan T yang lebih rendah seperti 19T
- ESC dengan resistansi lebih kecil dan kemampuan arus lebih tinggi
- batere dengan kemampuan discharge lebih tinggi

3. Response up

upgrade komponen seperti berikut:
- peredam kejut yang lebih baik seperti TRF
- mengganti dogbone (depan khususnya) dengan universal
- mengganti shaft plastik dengan alloy
- merawat bearing dan komponen gerak dengan baik
- tuning motor yang baik
- menambah radius belok
- upgrade servo dan sistem radio ke spec yang lebih baik
4. Drifter up
semua diatas tidak berguna tanpa disertai dengan latihan yang serius. Jika hanya faktor ‘fun’ yang anda cari, maka tentu saja ini semua tidak diperlukan.
Read More..

Berita Populer