Laman

Sabtu, 03 November 2012

Ngos-ngosan karena Bersepeda atau Lari? Lebih Asyik Berenang Saja

 Bersepeda, lari dan berjalan kaki memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Tapi ketiga jenis olahraga ini bisa jadi sangat berat, terutama bagi orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan, menderita arthritis atau gangguan sendi dan cedera. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebuah studi baru dari Kanada pun menemukan bahwa kondisi semacam ini dapat disiasati dengan melakukan olahraga air.

"Jika Anda tak bisa berolahraga di darat, Anda dapat berlatih di dalam air karena manfaatnya untuk meningkatkan kebugaran tubuh sama besarnya," kata Dr. Martin Juneau dari Montreal Heart Institute.

Padahal sebelumnya banyak orang yang berasumsi bahwa olahraga di air takkan sama efektifnya dengan olahraga di darat karena adanya resistensi air ketika seseorang bergerak di dalamnya sehingga tampaknya orang yang melakukan olahraga air tak dapat berolahraga dengan keras.

Namun studi ini mengatakan hal sebaliknya. Dengan meminta partisipan melakukan tes olahraga di darat dan air menggunakan sepeda biasa dan sepeda air (dengan posisi air setinggi dada partisipan) lalu intensitasnya ditingkatkan dari menit ke menit hingga partisipan merasa kelelahan, peneliti menemukan hal yang mengejutkan.

Dr. Juneau melaporkan bahwa konsumsi oksigen maksimal sebagai indikator apakah olahraga yang Anda lakukan sudah benar atau belum terlihat hampir sama pada partisipan yang berolahraga dengan kedua jenis sepeda (darat dan air) yang digunakan dalam studi ini. 

Rekan kerjanya, Dr. Mathieu Gayda, seorang pakar fisiologi olahraga klinis dari Montreal Heart Institute menambahkan, "Bahkan berolahraga sambil berendam di dalam air terbukti lebih efisien jika dilihat dari sudut pandang kardiorespirasi."

Lagipula kata Dr. Juneau, denyut jantung partisipan sedikit lebih rendah ketika berada di dalam air. 

"Anda memompa lebih banyak darah untuk setiap denyutan sehingga Anda tak membutuhkan banyak denyut jantung karena tekanan air pada kaki dan tubuh bagian bawah membuat darah kembali ke jantung secara lebih efektif. Hebatnya, fakta menarik ini belum pernah dipelajari sebelumnya," tandasnya seperti dilansir darihealth24, Kamis (1/11/2012).

Mengingat banyaknya orang yang mengaku kesulitan berolahraga di darat, hal ini berarti olahraga air sangat potensial bagi banyak orang. 

Dr. Juneau pun merekomendasikan berenang sebagai olahraga terbaik kendati ia mengaku masih terganjal dengan fakta bahwa tak semua orang bisa berenang. 

Padahal rendahnya tekanan ketika bergerak di dalam air dan kecilnya peluang cedera membuat berenang layak dianggap sebagai alternatif olahraga yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Populer